Ada 3 contoh yang akan disajikan :
DISAJIKAN CONTOH SUKSES DAN TIDAK SUKSES BISNIS DARI KACA MATA PENGAMAT DAN BUKAN SEBAGAI PELAKU BISNIS
TOKO HANDPHONE
HP yang tiap kali mengalami update akan
selau menarik minat konsumen, di sini di tampilkan 2 (dua) buah toko sebagai bagian
dari tugas minggu 1.
a.
TOKO HP “G CELL”
dapat dikatakan sukses, karena :
·
Lay out toko sangat menunjang, antara lain :
·
ada parkiran yang cukup luas
·
area di dalam toko dipasang AC sehingga
pengunjung nyaman
·
adanya tempat duduk nyaman bagi pengunjung
·
Berani melakukan inovasi, dengan menambahkan café
di atas toko tersebut, sehingga pengunjung tidak hanya sekedar melihat-lihat HP
namun sekaligus bisa melepaskan penat di sana
b.
TOKO HP “S CELL” dapat dikatakan kurang sukses,
karena :
·
Lay out toko “terkesan” asal asalan atau
seadanya, kemasan sangat berbeda dengan toko kompetitornya.
·
Tidak ada inovasi tambahan yang dapat memikat
konsumen untuk berkunjung
Note :
Toko HP di atas terletak di jalan
yang sama, dan tidak terlalu berjauhan
Dari segi akses strategis kenyamanan
pengendara sepeda motor khususnya, sebenarnya lebih mudah akses ke toko HP “S
CELL” dibanding ke toko “G CELL”, karena letak “G CELL” ada di depan jalan di
mana tepat ada tempat putar balik kendaraan dan di sebelah toko ada jalan
tembus ke tempat warga, membayangkannya pasti ribet banget.
Namun ternyata, hal tsb. Tidak menyurutkan
konsumen untuk berkunjung ke “G CELL”, karena dia terus melakukan inovasi yang
tidak dilakukan oleh kompetitornya.
Bila suatu saat kompetitor ("S CELL") melakukan hal yang sama, kemungkinan akan mendapatkan konsumen yang lebih banyak, karena dia sudah menang di lokasi.
WARUNG MAKAN
Warung makan di Bontang beberapa tahun
terakhir ini marak bermunculan, sangat berbeda kondisinya dibanding tahun tahun
sebelumnya, sekitar tahun 2009 mencari warung makan masih lumayan susah. J
a.
Warung Pojok “BS” Prasmanan
Warung ini bernama warung pojok, karena dulunya memang bertempat di pojok
sebuah jalan tidak jauh dengan warung lalapan yang akan kita bahas kemudian.
Saat ini sudah pindah tempat, karena tempat sebelumnya terkena musibah,
terbakar habis.
Di tempat baru ini, ada beberapa poin yang dapat diambil :
·
Menu makanan mempunyai cita rasa khas Jawa.
o
sebagian dari penduduk Bontang adalah berasal
dari Jawa, sehingga kehadiran warung ini mewakili cita rasa yang dirindukan.
·
Menu makanan bervariasi dengan harga yang ramah
pula dikantong
·
Pola saji adalah prasmanan, jadi sesuai selera
kita mau makan apa
·
Tempat makan dan parkiryang luas
·
Tempat cuci tangan dan kamar kecil tersedia
b.
Warung lalapan
Dari sebelum mengenal Warung
Pojok “BS”, saya sudah mengenal warung lalapan ini, karena dulunya berjualan
nasi pecel Madiun khas dengan “pincuk”-nya.
Namun seiring dengan menjamurnya
warung makan baru yang bertebaran di mana-mana, warung ini memang melakukan
inovasi menu dari yang semula hanya nasi pecel menjadi warung lalapan dengan
tetap menyajikan nasi pecel khasnya.
Inovasi yang disajikan tidak
begitu mengangkat keramaian pengunjung, karena :
·
Tidak ada lahan parkir untuk mobil, sedang parkir
sepeda motor saja juga di tepi jalan raya
·
Pola saji yang standar
·
Makan lalapan biasanya menggunakan tangan, namun
tempat cuci tangannya kurang memadai
Note :
Bila ditinjau kemudahan akses
lebih mudah warung lalapan, namun karena kesulitan parkir mengakibatkan warung
ini tidak seramai warung pojok sebagai kompetitornya.
Nah tinggal pengelolanya ini, bersedia menyediakan lahan parkir yang diperlukan konsumen atau tetap bertahan seperti kondisi saat ini.
MINI MARKET
Pembahasan kali ini tentang mini market
yang kebetulan letaknya satu jalan namun berbeda lingkungan, karena bisa
dikatakan masing-masing di ujung jalan yang berlawanan, jalan tembus PKT.
a.
“M Mini Market”
Lokasi di tepi jalan, walaupun masih mempunyai area parkir tidak terlalu
luas.
Harga lumayan kompetitif dibanding mini market sekitar
Dapat dikatakan menuai sukses karena saat ini sedang melakukan
pembangunan gedung barunya dengan area yang lebih luas dari sebelumnya.
b.
“BC Mart”
Posisi atau letak “BC Mart” sebenarnya lumayan bagus karena berada di
dekat perumahan BSD Bontang, namun dekatnya dengan “traffic lamp” dan adanya
mini market lain di sebelahnya menjadikan “BC Mart” kurang berkembang.
Apalagi lahan parkir yang sempit.
Untuk masalah harga standar saja, tidak ada yang mencuri perhatian.
Note :
Pembangunan
mini market oleh “M” menunjukkan adanya perkembangan dan identik dengan
kesuksesan yang diraih
Semoga "BC Mart" mempertimbangkan tempat parkir konsumen dan pengembangan usaha selanjutnya.
Demikian di sampaikan tugas 1 ini semoga bermanfaat bagi
kita yang akan membuka usaha, paling tidak konsumen akan mencari kita bila :
- Lay out dari toko akan sangat mempengaruhi kunjugan konsumen
- Keaneka ragaman atau variasi barang yang kita
jual berpengaruh juga
- Lahan parkir yang tersedia dan akses lokasi bagi
pengunjung dan
- Harga bisa dikatakan memiliki nilai akhir dari
segalanya, karena bila konsumen puas biasanya harga sudah tertutup dengan yang
disajikan (biasanya lho ya…)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar