Sabtu, 30 Mei 2015

Tugas Minggu 1 : Berburu Peluang Usaha : Materi Tugas tentang Bisnis Sukses dan Gagal

Ada 3 contoh yang akan disajikan :

DISAJIKAN CONTOH SUKSES DAN TIDAK SUKSES BISNIS DARI KACA MATA PENGAMAT DAN BUKAN SEBAGAI PELAKU BISNIS

TOKO HANDPHONE
HP yang tiap kali mengalami update akan selau menarik minat konsumen, di sini di tampilkan 2 (dua) buah toko sebagai bagian dari tugas minggu 1.
a.      TOKO HP “G CELL”  dapat dikatakan sukses, karena :
·   Lay out toko sangat menunjang, antara lain :
·        ada parkiran yang cukup luas
·        area di dalam toko dipasang AC sehingga pengunjung nyaman
·        adanya tempat duduk nyaman bagi pengunjung
·   Berani melakukan inovasi, dengan menambahkan cafĂ© di atas toko tersebut, sehingga pengunjung tidak hanya sekedar melihat-lihat HP namun sekaligus bisa melepaskan penat di sana

b.      TOKO HP “S CELL” dapat dikatakan kurang sukses, karena :
·   Lay out toko “terkesan” asal asalan atau seadanya, kemasan sangat berbeda dengan toko kompetitornya.
·   Tidak ada inovasi tambahan yang dapat memikat konsumen untuk berkunjung
Note :
Toko HP di atas terletak di jalan yang sama, dan tidak terlalu berjauhan
Dari segi akses strategis kenyamanan pengendara sepeda motor khususnya, sebenarnya lebih mudah akses ke toko HP “S CELL” dibanding ke toko “G CELL”, karena letak “G CELL” ada di depan jalan di mana tepat ada tempat putar balik kendaraan dan di sebelah toko ada jalan tembus ke tempat warga, membayangkannya pasti ribet banget.
Namun ternyata, hal tsb. Tidak menyurutkan konsumen untuk berkunjung ke “G CELL”, karena dia terus melakukan inovasi yang tidak dilakukan oleh kompetitornya.
      Bila suatu saat kompetitor ("S CELL") melakukan hal yang sama, kemungkinan akan mendapatkan konsumen yang lebih banyak, karena dia sudah menang di lokasi.

WARUNG MAKAN
Warung makan di Bontang beberapa tahun terakhir ini marak bermunculan, sangat berbeda kondisinya dibanding tahun tahun sebelumnya, sekitar tahun 2009 mencari warung makan masih lumayan susah. J
a.      Warung Pojok “BS” Prasmanan
Warung ini bernama warung pojok, karena dulunya memang bertempat di pojok sebuah jalan tidak jauh dengan warung lalapan yang akan kita bahas kemudian.
Saat ini sudah pindah tempat, karena tempat sebelumnya terkena musibah, terbakar habis.
Di tempat baru ini, ada beberapa poin yang dapat diambil :
·        Menu makanan mempunyai cita rasa khas Jawa.
o   sebagian dari penduduk Bontang adalah berasal dari Jawa, sehingga kehadiran warung ini mewakili cita rasa yang dirindukan.
·        Menu makanan bervariasi dengan harga yang ramah pula dikantong
·        Pola saji adalah prasmanan, jadi sesuai selera kita mau makan apa
·        Tempat makan dan parkiryang  luas
·        Tempat cuci tangan dan kamar kecil tersedia

b.      Warung lalapan
Dari sebelum mengenal Warung Pojok “BS”, saya sudah mengenal warung lalapan ini, karena dulunya berjualan nasi pecel Madiun khas dengan “pincuk”-nya.
Namun seiring dengan menjamurnya warung makan baru yang bertebaran di mana-mana, warung ini memang melakukan inovasi menu dari yang semula hanya nasi pecel menjadi warung lalapan dengan tetap menyajikan nasi pecel khasnya.
Inovasi yang disajikan tidak begitu mengangkat keramaian pengunjung, karena :
·        Tidak ada lahan parkir untuk mobil, sedang parkir sepeda motor saja juga di tepi jalan raya
·        Pola saji yang standar
·        Makan lalapan biasanya menggunakan tangan, namun tempat cuci tangannya kurang memadai

Note :
Bila ditinjau kemudahan akses lebih mudah warung lalapan, namun karena kesulitan parkir mengakibatkan warung ini tidak seramai warung pojok sebagai kompetitornya.
Nah tinggal pengelolanya ini, bersedia menyediakan lahan parkir yang diperlukan konsumen atau tetap bertahan seperti kondisi saat ini.


MINI MARKET
Pembahasan kali ini tentang mini market yang kebetulan letaknya satu jalan namun berbeda lingkungan, karena bisa dikatakan masing-masing di ujung jalan yang berlawanan, jalan tembus PKT.
a.      “M Mini Market”
Lokasi di tepi jalan, walaupun masih mempunyai area parkir tidak terlalu luas.
Harga lumayan kompetitif dibanding mini market sekitar
Dapat dikatakan menuai sukses karena saat ini sedang melakukan pembangunan gedung barunya dengan area yang lebih luas dari sebelumnya.



b.      “BC Mart”
Posisi atau letak “BC Mart” sebenarnya lumayan bagus karena berada di dekat perumahan BSD Bontang, namun dekatnya dengan “traffic lamp” dan adanya mini market lain di sebelahnya menjadikan “BC Mart” kurang berkembang.
Apalagi lahan parkir yang sempit.
Untuk masalah harga standar saja, tidak ada yang mencuri perhatian.


 Note :
Pembangunan mini market oleh “M” menunjukkan adanya perkembangan dan identik dengan kesuksesan yang diraih
Semoga "BC Mart" mempertimbangkan tempat parkir konsumen dan pengembangan usaha selanjutnya.

Demikian di sampaikan tugas 1 ini semoga bermanfaat bagi kita yang akan membuka usaha, paling tidak konsumen akan mencari kita bila :
 - Lay out dari toko akan sangat mempengaruhi kunjugan konsumen
 - Keaneka ragaman atau variasi barang yang kita jual berpengaruh juga
 - Lahan parkir yang tersedia dan akses lokasi bagi pengunjung dan
 - Harga bisa dikatakan memiliki nilai akhir dari segalanya, karena bila konsumen puas biasanya harga sudah tertutup dengan yang disajikan (biasanya lho ya…)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar